Kamis, 15 Januari 2015

RPP PGSD ATAU TARBIYAH

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Materi Pembelajaran
: IPA (Ilmu Pengetahun Alam)
Kelas/Semester
: VI/I
Alokasi Waktu
: 1 x Pertemuan (2 x 35 menit)
Standart Kompetensi
: 2.
Memahami cara perkembangan makhluk hidup.
Kompetensi Dasar
: 2.1
Mendeskripsikan tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia masa balita hingga masa lanjut usia.
Indikator
: 2.1.1
Siswa mampu menjelaskan tahapan perkembangan dan pertumbuhan balita sampai remaja
: 2.1.2
Siswa mampu menjelaskan tahapan perkembangan dan pertumbuhan dewasa sampai lanjut usia.

       I.            Tujuan
a.       Setelah melakukan diskusi, siswa dapat menjelaskn ciri–ciri dan tahap-tahap  perkembangan dan pertumbuhan manusia dari balita sampai lanjut usia.
b.      Setelah melakukan pengamatan, siswa dapat menjelaskan tentang perkembangan dan pertumbuhan manusia dari balita sampai lanjut usia.

    II.            Materi pokok dan sub pokok bahasan
1.      Perkembangan makhluk hidup
a.       Perkembangan manusia balita, remaja.
b.      Perkembangan manusia dewasa,  lanjut usia.
2.      Pertumbuhan makhluk hidup
a.       Pertumbuhan manusia balita, remaja.
b.      Pertumbuhan manusia dewasa, lanjut usia.

 III.            Strategi pembelajaran
a.       Ceramah
b.      Active learning
c.       Diskusi
d.      Simulasi

Langkah-langkah pembelajaran
1. Kegiatan awal
Waktu
Nama strategi
Deskripsi kegiatan
Sumber dan alat
10 Menit
Ceramah
a.       Guru membuka pelajaran.
b.      Guru melakukan apersepsi dengan cerita tentang tumbuh kembang manusia.
c.       Guru menyampaikan tujuan pelajaran.
d.      Guru menyampaikan garis besar materi.
Buku pelajaran IPA kelas VI.

2. Kegiatan Inti
Waktu
Nama strategi
Deskripsi kegiatan
Sumber dan alat
25 menit














15 menit
Diskusi kelompok





                     









Active learning





a.       Guru menyampaikan intruksi.
b.      Guru membagi 30 murid menjadi 6 kelompok.
c.       Guru menyuruh setiap kelompok untuk membaca dan diskusi buku tentang perkembangan dan pertumbuhan manusia.
d.      Guru meminta perwakilan setiap kelompok yang ditunjuk untuk mempresentasikan hasil diskusi.
e.       Selanjutnya, setiap kelompok membuat pertanyaan dengan jumlah 2 pertanyaan.
f.       Guru meminta pertanyaan yang sudah di buat masing – masing kelompok.
g.      Guru menyuruh perwakilan kelompok tadi untuk membantu membagikan pertanyaan kepada masing – masing kelompok secara acak(tidak sesuai dengan kelompok semula).
h.      Siswa berkumpul sesuai kelompok dan mempresentasikan hasil jawaban dari pertanyaan yang didapat..
i.        Guru meminta setiap kelompok untuk mencatat jawaban dari kelompok yang presentasi
j.        Guru  memberikan kesimpulan dan memberikan tugas kelompok..
Buku pelajaran IPA kelas VI.










Kertas, alat tulis.


3. Kegiatan akhir
Waktu
Nama strategi
Deskripsi kegitan
Sumber dan alat
20 menit
Simulasi
a.       Guru menyampaikan intruksi kegiatan.
b.      Guru memutarkan video tentang perkembangan dan pertumbuhan manusia dari balita sampai lanjut usia.
c.       Guru meminta siswa untuk mengamati dan mencermati video.
d.      Guru memberi kesimpulan dan memberikan tugas individu.
e.       Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan doa.
LCD, proyektor, komputer


 IV.            Sumber, bahan, kebutuhan.
Sumber            : Buku paket IPA kelas VI, bahan ajar pendukung .
Bahan              : LCD, proyektor, komputer(leptop).
Kebutuhan      : lembar kerja soal kelompok,lembar kerja soal individu.
    V.            Penilaian
a.       Tugas kelompok dari hasil pengamatan
b.      Tugas individu
 VI.            Lampiran
a.       Hand out materi
b.      Lembar soal






















LEMBAR SOAL KELOMPOK
1.      Apa yang dimaksud dengan perkembangan makhluk hidup ? dan pertumbuhan makhluk hidup ?
2.      Sebutkan ciri – ciri pertumbuhan manusia pada masa balita !
3.      Sebutkan ciri – ciri pertumbuhan manusia pada masa remaja !
4.      Sebutkan ciri – ciri pertumbuhan manusia pada masa dewasa !
5.      Sebutkan ciri – ciri pertumbuhan manusia pada masa lanjut usia !
LEMBAR KERJA SOAL INDIVIDU
1. Masa pubertas dialami manusia pada sekitar usia….
  • A. 0 – 5 tahun
  • B. 5 – 12 tahun
  • C. 12 – 17 tahun
  • D. 17 – 40 tahun 
Masa pubertas adalah masa remaja. Pada rentang waktu tersebut banyak terjadi perubahan baik fisik maupun mental.
2. Istilah berikut yang memiliki pengertian berbeda adalah….
  • A. pubertas
  • B. remaja
  • C. dewasa
  • D. akil balig 
Pubertas, remaja, dan akil balig memiliki pengertian yang sama yaitu masa pertumbuhan yang pesat.
3. Perubahan psikis, fisik, sekaligus pematangan fungsi seksual terjadi pada masa….
  • A. balita
  • B. pubertas
  • C. pendewasaan
  • D. lanjut usia 
Pertumbuhan paling cepat akan dialami manusia pada masa pubertas.
4. Berikut ini yang merupakan ciri pubertas pada perempuan adalah ....
  • A. tumbuhnya jakun
  • B. dada lebih membidang
  • C. tumbuh
  • D. mengalami menstruasi 
Salah satu ciri pubertas pada wanita adalah mengalami menstruasi
5. Keadaan pada masa lanjut usia antara lain….
  • A. kemampuan mengingat semakin rendah
  • B. tubuh semakin bugar
  • C. daya tahan tubuh tinggi
  • D. kepadatan tulang tinggi 
Kondisi tersebut disebut juga sebagai pikun. Hal itu terjadi karena sel otak semakin banyak yang mati.
6. Perkembangan bersifat kualitatif. Kualitatif artinya….
  • A. dapat diukur
  • B. tidak dapat diukur
  • C. tidak dapat dibedakan
  • D. dapat disamakan 
Perkembangan bersifat kualitatif. Arti kualitatif adalah tidak ada ukuran pastinya, jadi tahap perkembangan dapat dicapai secara berbeda oleh setiap orang. Kemampuan berpikir merupakan bentuk perkembangan pada manusia.
7. Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah….
  • A. melawan pemangsa
  • B. menjaga kelangsungan jenisnya
  • C. memperbanyak populasi
  • D. mempercepat kepunahan 
Perkembangbiakan atau reproduksi dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan jenis suatu makhluk.
8. Pertumbuhan dan perkembangan mengalami kemajuan pesat pada waktu….
  • A. dalam kandungan
  • B. bayi
  • C. kanak-kanak
  • D. dewasa 
Masa kanak-kanak merupakan puncak pertumbuhan dan perkembangan manusia. Bahkan usia di bawah 3 tahun disebut masa Golden Age karena pada saat itu otak akan berkembang sangat cepat.
9. Bagian tubuh yang mengalami perubahan terbesar saat pubertas adalah….
  • A. alat gerak
  • B. otak
  • C. organ reproduksi
  • D. organ pernapasan 
Bagian tubuh yang mengalami perubahan paling besar selama masa pubertas adalah organ reproduksi.
10. Pertumbuhan fisik paling sedikit terjadi pada masa….
  • A. bayi
  • B. balita
  • C. remaja
  • D. dewasa 
Masa dewasa merupakan tahap yang paling sedikit terjadi perubahan fisik. Perubahan yang banyak terjadi pada tahap tersebut adalah perkembangan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar