Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Materi Pembelajaran
|
: IPA (Ilmu
Pengetahun Alam)
|
|
Kelas/Semester
|
: VI/I
|
|
Alokasi Waktu
|
: 1 x Pertemuan (2 x
35 menit)
|
|
Standart Kompetensi
|
: 2.
|
Memahami cara
perkembangan makhluk hidup.
|
Kompetensi Dasar
|
: 2.1
|
Mendeskripsikan tahapan
perkembangan dan pertumbuhan manusia masa balita hingga masa lanjut usia.
|
Indikator
|
: 2.1.1
|
Siswa mampu
menjelaskan tahapan perkembangan dan pertumbuhan balita sampai remaja
|
: 2.1.2
|
Siswa mampu
menjelaskan tahapan perkembangan dan pertumbuhan dewasa sampai lanjut usia.
|
I.
Tujuan
a. Setelah
melakukan diskusi, siswa dapat menjelaskn ciri–ciri dan tahap-tahap perkembangan dan pertumbuhan manusia dari
balita sampai lanjut usia.
b. Setelah
melakukan pengamatan, siswa dapat menjelaskan tentang perkembangan dan
pertumbuhan manusia dari balita sampai lanjut usia.
II.
Materi
pokok dan sub pokok bahasan
1. Perkembangan
makhluk hidup
a. Perkembangan
manusia balita, remaja.
b. Perkembangan
manusia dewasa, lanjut usia.
2. Pertumbuhan
makhluk hidup
a. Pertumbuhan
manusia balita, remaja.
b. Pertumbuhan
manusia dewasa, lanjut usia.
III.
Strategi
pembelajaran
a. Ceramah
b. Active
learning
c. Diskusi
d. Simulasi
Langkah-langkah
pembelajaran
1. Kegiatan awal
Waktu
|
Nama strategi
|
Deskripsi kegiatan
|
Sumber dan alat
|
10 Menit
|
Ceramah
|
a.
Guru membuka pelajaran.
b.
Guru melakukan apersepsi dengan
cerita tentang tumbuh kembang manusia.
c.
Guru menyampaikan tujuan
pelajaran.
d.
Guru menyampaikan garis besar
materi.
|
Buku pelajaran IPA
kelas VI.
|
2. Kegiatan Inti
Waktu
|
Nama strategi
|
Deskripsi kegiatan
|
Sumber dan alat
|
25 menit
15 menit
|
Diskusi kelompok
Active
learning
|
a.
Guru menyampaikan intruksi.
b.
Guru membagi 30 murid menjadi 6
kelompok.
c.
Guru menyuruh setiap kelompok
untuk membaca dan diskusi buku tentang perkembangan dan pertumbuhan manusia.
d.
Guru meminta perwakilan setiap
kelompok yang ditunjuk untuk mempresentasikan hasil diskusi.
e.
Selanjutnya, setiap kelompok
membuat pertanyaan dengan jumlah 2 pertanyaan.
f.
Guru meminta pertanyaan yang
sudah di buat masing – masing kelompok.
g.
Guru menyuruh perwakilan kelompok
tadi untuk membantu membagikan pertanyaan kepada masing – masing kelompok
secara acak(tidak sesuai dengan kelompok semula).
h.
Siswa berkumpul sesuai kelompok
dan mempresentasikan hasil jawaban dari pertanyaan yang didapat..
i.
Guru meminta setiap kelompok
untuk mencatat jawaban dari kelompok yang presentasi
j.
Guru memberikan kesimpulan dan memberikan tugas
kelompok..
|
Buku pelajaran IPA
kelas VI.
Kertas, alat tulis.
|
3. Kegiatan akhir
Waktu
|
Nama strategi
|
Deskripsi kegitan
|
Sumber dan alat
|
20 menit
|
Simulasi
|
a.
Guru menyampaikan intruksi
kegiatan.
b.
Guru memutarkan video tentang
perkembangan dan pertumbuhan manusia dari balita sampai lanjut usia.
c.
Guru meminta siswa untuk
mengamati dan mencermati video.
d.
Guru memberi kesimpulan dan
memberikan tugas individu.
e.
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan doa.
|
LCD, proyektor,
komputer
|
IV.
Sumber,
bahan, kebutuhan.
Sumber : Buku paket IPA kelas VI, bahan ajar pendukung .
Bahan : LCD, proyektor, komputer(leptop).
Kebutuhan : lembar kerja soal kelompok,lembar kerja soal individu.
V.
Penilaian
a. Tugas
kelompok dari hasil pengamatan
b. Tugas
individu
VI.
Lampiran
a. Hand
out materi
b. Lembar
soal
LEMBAR SOAL KELOMPOK
1.
Apa
yang dimaksud dengan perkembangan makhluk hidup ? dan pertumbuhan makhluk hidup
?
2.
Sebutkan
ciri – ciri pertumbuhan manusia pada masa balita !
3.
Sebutkan
ciri – ciri pertumbuhan manusia pada masa remaja !
4.
Sebutkan
ciri – ciri pertumbuhan manusia pada masa dewasa !
5.
Sebutkan
ciri – ciri pertumbuhan manusia pada masa lanjut usia !
LEMBAR KERJA SOAL
INDIVIDU
1. Masa pubertas dialami manusia pada sekitar usia….
- A. 0 – 5
tahun
- B. 5 – 12
tahun
- C. 12 – 17
tahun
- D. 17 – 40
tahun
Masa pubertas adalah masa remaja. Pada rentang waktu
tersebut banyak terjadi perubahan baik fisik maupun mental.
2. Istilah berikut yang memiliki pengertian berbeda
adalah….
- A. pubertas
- B. remaja
- C. dewasa
- D. akil
balig
Pubertas, remaja, dan akil balig memiliki pengertian
yang sama yaitu masa pertumbuhan yang pesat.
3. Perubahan psikis, fisik, sekaligus pematangan
fungsi seksual terjadi pada masa….
- A. balita
- B. pubertas
- C. pendewasaan
- D. lanjut usia
Pertumbuhan paling cepat akan dialami manusia pada masa
pubertas.
4. Berikut ini yang merupakan ciri pubertas pada
perempuan adalah ....
- A. tumbuhnya
jakun
- B. dada
lebih membidang
- C. tumbuh
- D. mengalami
menstruasi
Salah satu ciri pubertas pada wanita adalah mengalami
menstruasi
5. Keadaan pada masa lanjut usia antara lain….
- A. kemampuan
mengingat semakin rendah
- B. tubuh
semakin bugar
- C. daya
tahan tubuh tinggi
- D. kepadatan
tulang tinggi
Kondisi tersebut disebut juga sebagai pikun. Hal itu
terjadi karena sel otak semakin banyak yang mati.
6. Perkembangan bersifat kualitatif. Kualitatif
artinya….
- A. dapat
diukur
- B. tidak
dapat diukur
- C. tidak
dapat dibedakan
- D. dapat
disamakan
Perkembangan bersifat kualitatif. Arti kualitatif
adalah tidak ada ukuran pastinya, jadi tahap perkembangan dapat dicapai secara
berbeda oleh setiap orang. Kemampuan berpikir merupakan bentuk perkembangan
pada manusia.
7. Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah….
- A. melawan
pemangsa
- B. menjaga
kelangsungan jenisnya
- C. memperbanyak
populasi
- D. mempercepat
kepunahan
Perkembangbiakan atau reproduksi dilakukan untuk
mempertahankan kelangsungan jenis suatu makhluk.
8. Pertumbuhan dan perkembangan mengalami kemajuan
pesat pada waktu….
- A. dalam
kandungan
- B. bayi
- C. kanak-kanak
- D. dewasa
Masa kanak-kanak merupakan puncak pertumbuhan dan perkembangan
manusia. Bahkan usia di bawah 3 tahun disebut masa Golden Age karena pada saat
itu otak akan berkembang sangat cepat.
9. Bagian tubuh yang mengalami perubahan terbesar saat
pubertas adalah….
- A. alat
gerak
- B. otak
- C. organ
reproduksi
- D. organ pernapasan
Bagian tubuh yang mengalami perubahan paling besar
selama masa pubertas adalah organ reproduksi.
10. Pertumbuhan fisik paling sedikit terjadi pada
masa….
- A. bayi
- B. balita
- C. remaja
- D. dewasa
Masa dewasa merupakan tahap yang paling sedikit terjadi
perubahan fisik. Perubahan yang banyak terjadi pada tahap tersebut adalah
perkembangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar